Pages

 

Senin, 16 April 2012

Kunci Suksesnya Seorang wirausaha

0 komentar
Asmania dalam wawancaranya menyampaikan bahwa dalam berwirausaha haruslah memiliki sikap yang disiplin dan mau menerima masukan dari konsumen. Agar dapat menjaga usaha kuliner pada jaman sekarang  yang perlu diperhatikan ialah  menciptakan rasa yang enak pada makanan yang tersaji dan juga selalu menjaga kulitas dan pelayanan yang memuaskan bagi konsumen.
“awal mulanya saya menjalankan usaha ini hanyalah untuk mengisi waktu luang saya sebagai ibu rumah tangga, akan tetapi seiring berjalannya waktu usaha ini mulai menjanjikan” ucap Asmania kamis (12/4). Warung yang didirikan wanita berusia 48 tahun ini merupakan warung kuliner yang menyajika makanan dan minuman yang sesuai dengan uang mahasiswa yang merupakan konsumen utama warung yang bernama Grompol 17 ini. Warung grompol 17 ini dapat dijumpai di kaliurang km 5 gang Grompol no 17 Yogyakarta.
Awal mula usaha yang dijalankan Asmania ini pada tahun 2006, pada saat itu wanita ini memberanikan diri untuk membuka warung prasmanannya dengan modal yang ia kumpulkan dari tabungannya. Pada awalnya beliau belum memiliki karyawan, namun dengan semangat usaha Asmania semakin menjanjikan sehingga enam bulan sejak berdirinya usahan yang ia geluti kini sudah memiliki empat karyawan yang berkerja di warung parasmanannya. Bukan itu saja dalam waktu enam bulan usaha Asmania sudah mendapatkan omset penghasilan dalam satuharinya Rp 200.000,00 dan seiring berjalannya waktu total omset yang didapatkan Asmania sekarang dalam satu hari bisa mencapai Rp 1.500.000,00 sampai Rp 2.000.000,00. Warung makan prasmanan Grompol 17 ini buka dari hari senin sampai sabtu dan biasanya pada hari sabtu masakan yang terdapat di warung prasmanan ini lebih cepat habis.
Setiap mengawali suatu usaha pasti ada yang namanya suka daku saat menjalankan wirausaha, begitu juga ibu ini beliau juga menghadapi beberapa suka duka saat menjalankan usahanya dalam mendapatkan awal modal membuka usaha warung prasmanan ini akan tetapi ibu yang rendah hati ini dapat mengatasinya dengan menyisihkan uang bulananya bulan demi bulan agar dapat membuka usaha yang ingin ia coba ini dan akhirnya dari kegigihan ibu asmaniar ini beliau dapat bertahan sampai sekarang dan untung yang di dapatkannya pun dapat memenuhi kebutuhan keluarganya sampai saat ini. Bukan itu saja pada saat letusan gunung merapi di Yogyakarta usaha yang dijalankannya mengalami penurunan omset yang sangat banyak sehingga ia harus memecat beberapa karyawannya, namun masalah ini tidak membuat dirinya untuk menyerah sehingga sampai sekarang dia masih menjalankan usahanya tersebut. Dari beberapa duka yang dialami ibu Asmania dalam menjalankan usaha warung makan prasmanan ini beliau juga mendapatkan suka yang dihasilkan dari usahanya warung prasmanannya itu salah satunya dia dapat menyekolahkan anaknya sampai perguruan tinggi dan juga dari uang usaha yang dijalani oleh ibu asmaniar ini dia juga dapat membantu suami dalam memenuhi kebutuhan sehari hari keluarga mereka. Selain itu ibu asmaniar juga bisa memperkerjakan beberpa orang yang menganggur untuk berkerja di warungnya.
Persaingan dalam dunia wirausaha adalah suatu hal yang wajar demi memenuhi kebutuhan kita sehari – hari oleh karena itu suatu kereatifitas, keuletan, dan keikhlasan merupakan sesuatu yang harus kita tempuh bila ingin menjadi sesorang wirausaha yang sukses. Banyak usaha yang tidak bisa bertahan lama dalam persaingan dan banyak juga wirausaha yang gulung tikar akibat tidak bisa menghadapi persaingan yang semakin ketat ini. Wanita berusia 48 tahun ini menjalankan usahanya sudah enam sampai tujuh tahun lamanya sehingga beliau dapat mengetahui dan  mempertahankan usaha warung makannya hingga dapat memperkerjakan tiga karyawannya dan dapat memenuhi kebutuhan keluarga beliau. Beliau juga orang yang giat dan pekerja keras dibuktikan dengan beliau sendiri lah yang membeli bahan – bahan yang akan menjadi pilihan pelanggan dalam memilih lauk apa yang akan ia ambil. Ibu ini juga selalu menjaga kualitas dari masakannya beliau sendiri lah yang mengajarkan karyawannya dalam memasak makanan yang akan disajikan dan yang paling penting menjaga semua kebersihan dalam hidangan dan tempat warung ini sehingga kelezatan masakan ibu ini tidak terkotori dengan ketidak bersihan tempatnya ibu asmaniar ini selalu membersihkan warung tempat makannya dilihat dari lokasi yang selalu bersih dan rapi. Asmania juga ramah akan pelanggan yang datang pada warungnya dengan cara selalu mengajak berincang – bincang kepada pelanggan agar timbul rasa kekeluargaan antara ibu asmaniar dengan si pelanggan dan Asmania pun selalu tersenyum pada pelanggannya. Bukan dia saja yang menjaga pelayanan yang baik kepada si pelanggan tapi dia juga mengajarkan kepada karyawannya untuk bersikap bersahabat dan ramah terhadap pelanggan yang datang ke warungnya selalu tersenyum dan menyapa pelanggan merupakan suatu hal yang wajib hukumnya bagi ibu ini agar ada kedekatan antara si penjual dengan si pembeli sehingga si pelanggan terkesan akan pelayanan nya yang ramah dan akan terus datang mengunjungi warung ibu asmaniar ini.

0 komentar:

Posting Komentar