Pages

 

Jumat, 06 April 2012

Memanasnya Hubungan Indonesia dan Malaysia

0 komentar
 SBY dalam pidatonya menegaskan agar pihak Malaysia segera mengembalikan ke tiga petugas kementrian kelautan dan perikanan dalam keadaan selamat. Selain itu SBY menginstruksikan kepada menko polhukam dan mentri luar Negri melakukan tindakan untuk mengelola insident tersebut dengan mengambil langkah-langkah yang diperlukan.

 “masalah seperti ini harus diselesaikan secara cepat, tegas, dan tepat karena berkaitan dengan kepentingan Nasional kita” jelas SBY di Istana Merdeka, Jakarta kamis (4/6). Pemerintah berkerja keras untuk menyelesaikan konflik yang terjadi antara Indonesia dan Malaysia dengan menjalin komunikasi secara langsung dengan harapan agar insident ini segera selesai. Pemerintah pun juga mendorong pemerintahan Malaysia untuk berunding tentang batas maritim antara dua negara ini agar cepat terselesaikan.

Mentri luar Negri sudah mengirimkan nota protes kepada duta besar Malaysia yang berada di Jakarta terhadap insident penyandraan tiga petugas kementrian kelautan dan perikanan. Mentri luar Negri juga melakukan komuniksi intensif dengan mentri luar Negri Malaysia dan dalam perkembangannya ke tiga petugas kementrian kelautan dan perikanan itu kini telah kembali ketanah air. Berkaitan dengan ke tiga petugas itu pemerintah menerima informasi bahwa  ketiga petugas kita mengalami tindakan yang tidak patut yang terjadi pada mereka, sehingga pemerintah secara resmi meminta penjelasan terhadap pemerintah Malaysia atas kebenaran informasi tersebut.


Pemerintah Indonesia berpendapat bahwa solusi yang paling tepat untuk mencegah dan menyelesaikan insiden-insiden seperti ini adalah dengan cara segera menuntaskan perundingan batas wilayah antara Indonesia dan Malaysia dan menyelesaikan perundingan batas wilayah darat dan maritim termaksud diantara selat Singapura dan perairan Sulawesi. SBY dalam pidatonya berpendapat bahwa semua masalah ini dapat segera diselesaikan dengan cepat apabila diantara kedua belah pihak memiliki niat dan tujuan yang baik agar masalah-masalah seperti ini dapat segera selesai.


Pemerintah berharap agar masalah yang terjadi antara ke dua Negara ini cepat terselesaikan sehingga hubungan yang terjalin antara keduanya menjadi lebih baik. Dalam pidatonya SBY berharap masalah seperti ini dapat kita cegah agar tidak terulang lagi konflik antara dua Negara ini dengan cara segera menyelesaikan perundingan batas wilayah maritim Indonesia dan Malaysia serta membentuk kordinasi dan kerjasama diantara kedua belah pihak untuk memelihara hubungan baik diantara kedua negara.

0 komentar:

Posting Komentar