Pages

 

Senin, 09 April 2012

Pendukung Berkembangnya Teknologi Komunikasi

0 komentar
Teknologi komunikasi merupakan teknologi yang mendukung pertukaran informai. Dimana komunikasi adalah proses pertukaran informasi dengan berbagai media perantara, sedangkan telekomunikasi ialah proses terjdinya komunikasi jarak jauh. Perkembangan teknologi komunikasi saat ini sudah mengalami perubahan yang baik dalam segi teknologi dimana alat teknologi yang digunkan saat ini semakin maju dan juga teknologinya semakin canggih dan simpel (kecil). Pada awalnya, teknologi diciptakan untuk mempermudah setiap kegiatan manusia. Lahir dari pemikiran manusia yang selalu berusaha untuk mempermudah kegiatan-kegiatannya yang kemudian diterapkan dalm kehidupan sehari-hari. Di zaman ini teknologi yang diciptakan pun semakin pesat dan juga semakin maju seiring dengan perkembangan zaman yang bertujuan untuk mensejahterakan kehidupan umat manusia. Dari berbagi teknologi yang diciptakan untuk memudahkan kerja manusia terdapat teknologi pendukung dalam menyebarkan perkembangan teknologi komunikasi yaitu:
1.       Kartu Memori
Kartu memori adalah sebuah alat penyimpanan data digital, seperti gambar digital, berkas digital, suara digital, dan video digital. Kartu memori biasanya mempunyai kapasitas ukran berdasarkan standar bit digital yaitiu 525MB, 1GB, 2GB, 4GB, dan lain-lain. Kartu memori terdapat beberapa tipe yang sampai sekarang ini ada sekitar 43 jenis. Jumlah kapasitas terbesar kartu memori saat ini adalah tipe CF (compact flash) dengan 8 GB. Untuk membaa data digital yang disimpan dalam kartu memori kedalam komputer, diperlukan perangkat pembaca kartu memori yang disebut memory card reader. Namun seiring dengan perkembangan jaman sekarang kartu memori pun semakin kecil yang disebut micro chip.

Jenis kartu memori
·         PC Card / PCMCIA
·         CF (Compact Flash)
·         SD (Secure Digital)
·         SM (Smart Media)
·         MMC (Multi Media Card)
·         MS (Memory Stick)

2.       Wi-Fi
Wi-Fi merupakan kepanjangan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu seumpulan standar yang digunakan untuk jaringan lokal nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN).pada awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunkaan perangkat nirkabel dan jaringan area lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunkan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinkan sesorang dengan komputer degan kart nirkabel (wireless card) atau personal digital assitant (PDA) untuk terhubunga dengan internet denga menggunkan titik akses yang sering kita sebut dengan hotspot area. Teknologi internet berrbasis Wi-Fi dibuat dan kikembangkan sekelompok insinyur Amerika Serikat yang berkerja pada  institute of electical and electronis engineers (IEEE). Perangkat Wi-Fi sebenarnya tidak hanya mampu berkerja di jaringan WLAN, tetapi juga dijaringan wireless metropolitan area network (WMAN).
3.       Global Positioning system (GPS)
GPRS biasanya digunka untuk perrjalanan alam terbuka, namun kini fitur GPS sudah ada dalam PDA sehingga orang-orang tidak perlu membeli alat GPS sendiri yang lebih mahal dal kurang efisien. GPS adalah satu-satunya sistem navigasi sateit yang berfungsi dengan baik. GPS merupakan fitu yang disediakan untuk mengetahui posisi dimana sipengguna sedang berada. GPS juga digunkan untuk mengetahui arah lokasi dan mata angin. Siste ini menggunkan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang micro ke bumi. Sinyal diterima oleh alat penerima dipermukaan, dan digunkan untuk menetukan posisi, kecepatan, arah dan waktu. Sistem ini dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, dengan nama lengkapnya adalah NAVSTAR GPS. Kumpulan satelit ini diurus oleh 50th Space Wig Angkatan ydara amerika Serikat. Sistem ini menggunakan sejumlah satelit yang bereda di orbit bumi, yang memancarkan sinyalnya kebumi dan ditangkap oleh sebuah alat penerima. Ada tiga bagian penting dari sistem ini, yaitu bagian kontrol, bagian angkasa, dan bagian pengguna.

4.       Bluetooth
Bluetooth adalah sebuah teknologi komunikasi wireless (tanpa kabel) yang beroperasi dalam pta frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM (Industrial, Scientific and Medical) dengan menggunkan sebuah Frequensi hopping tranceiver yang mampuh menyediakan layanan komunikasi data dan suara secaara real time antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yangg terbatas (sekitar 10 menit). Pada bluetooth mempunyai jangkauan jarak layanan yang lebih pendek dan kemampuan transfer data yang lebih rendah. Pda dasarnya bluetooth diciptakan buka hanya untuk menggantikan atau menghilangkan penggunaan kabel di dalam melakukan pertukara informasi, tetapi juga mampu menawarkan fitur yang baik untuk teknologi mobile wireless dengan biaya relatif rendah, konsumsi daya yang rendah, interoperability yang menjajikan, mudah dalam pengoperasian dan mampu meyediakan layanan yang bermacam-macam.

5.       Inflamerah
Inflamerah adalah radiasi elektromagnetik dari panjang glombang lebih panjang dari cahaya tampak, tetapi lebih pendek dari radiasi gelombang radio. Namanya inflamerah berarti bawah merah dari bahsa latin infra (bawah), merah merupakan warna dari cahaya tampak dengan gelombang terpanjang radiasi inflamerah memiliki jangkauan tiga orde dan memiliki panjang gelombang antara 700nm dan 1mm. Inflamerah ditemukan secara tidak sengaja oleh Sir William Herschall, astronom kerajaan Inggris ketika ia sedang mengadakan penelitian mencari bahan penyaring optik yang akan digunakan untuk mengurangi kecerahan gambar matahari dalam tata surya.

6.       Universal Serial Bus (USB)
Universal Serial Bus atau sring kita sebut USB ini adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung biasanya kepada komputer namun juga digunkan diperalatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel dan PDA. Sistem USB mempunyai desain yang asimetris, yang terdiri dari pengontrol host dan beberapa peralatan terhubung yang berbentuk pohon dengan menggunkan hub yang khusus. Desain USB ditujukan untuk menghilangkan perlunya penambahan expansion card ke ISA komputer atau bus PCI, dan memperbaiki kemampuan plug and play dengan memperoleh peralatan-peralatan ditukar atau ditambah kesistem tanpa perlu mereboot komputer ketika USB dipasang ial langsung dikenal sistem komputer dan memproses device driver yang diperlukan untuk menjalankannya. USB dapat menghubungkan peralatan tambahan komputer seperti mouse, keyboard, pemindai gambar, kamera digital, printer, hard disk, dan komponen networking. USB kini telah menjadi standar bagi peralatan multimedia seperti pemindai gambar dan kamera digital.

Sebetulnya masih banyak lagi teknologi pendukung dalam perkembangan teknologi komunikasi yang saat ini muncul. Semakin berkembang teknologi dan canggihnya alat kamunikasi, maka semakin berat bagi para konsumen untuk lebih memilah-milah mana yang menurutnya berguna untuknya dan berdampak baik baginya. 

0 komentar:

Posting Komentar