Komunikasi merupakan keterampilan yang sangat
penting dalam kehidupan manusia, dimana dapat kita lihat komunikasi dapat
terjadi pada setiap gerak langkah manusia. Manusia adalah makhluk sosial yang
tergantung satu sama lain dan mandiri serta saling terkait dengan orang lain
dilingkungannya. Satu-satunya alat untuk dapat berhubungan dengan orang lain dilingkungannya adalah komunikasi
baik secara verbal maupun non verbal ( bahasa tubuh dan isyarat
yang banyak dimengerti oleh suku bangsa).
Istilah
komunikasi berasal dari kata Latin Communicare
atau Communis yang berarti sama
atau menjadikan milik bersama. Kalau kita berkomunikasi dengan orang
lain, berarti kita berusaha agar apa yang disampaikan kepada orang lain
tersebut menjadi miliknya.
Beberapa definisi
komunikasi munurut para ahli:
1.
Komunikasi adalah kegiatan pengoperan lambang yang mengandung
arti/makna yang perlu dipahami bersama oleh
pihak yang terlibat dalam kegiatan komunikasi (Astrid).
2.
Komunikasi adalah kegiatan perilaku atau kegiatan penyampaian
pesan atau informasi tentang pikiran atau perasaan (Roben.J.G).
3.
Komunikasi adalah sebagai pemindahan informasi dan pengertian
dari satu orang ke orang lain (Davis, 1981).
4.
Komunikasi adalah berusaha untuk
mengadakan persamaan dengan orang lain (Schram,W)
5.
Komunikasi adalah penyampaian dan memahami pesan dari
satu orang kepada orang lain, komunikasi merupakan proses sosial (Modul PRT,
Lembaga Administrasi).
Hewitt (1981),
menjabarkan tujuan penggunaan proses komunikasi secara spesifik sebagai
berikut:
1. Mempelajari atau
mengajarkan sesuatu
2. Mempengaruhi perilaku
seseorang
3. Mengungkapkan perasaan
4.
Menjelaskan perilaku sendiri atau
perilaku orang lain
5. Berhubungan dengan orang
lain
6. Menyelesaian sebuah
masalah
7. Mencapai sebuah tujuan
8. Menurunkan ketegangan dan
menyelesaian konflik
9. Menstimulasi minat pada
diri sendiri atau orng lain
Proses dari
komunikasi tersebut ia lah pesan, komunikator, dan komunikan. Semua
fungsi manajer melibatkan proses
komunikasi. Berikut proses dalam komunikasi:
1.
Pengirim pesan (sender) dan isi pesan/materi
Pengirim pesan
adalah orang yang mempunyai ide untuk
disampaikan kepada seseorang dengan harapan
dapat dipahami oleh orang yang menerima pesan sesuai dengan yang
dimaksudkannya. Pesan adalah informasi yang akan disampaikan atau diekspresikan oleh pengirim pesan. Pesan dapat verbal atau non verbal dan pesan
akan efektif bila diorganisir secara baik dan jelas.
Materi pesan dapat berupa :
a.
Informasi
b.
Ajakan
c.
Rencana kerja
d.
Pertanyaan dan sebagainya
2.
Simbol/ isyarat
Pada tahap ini pengirim pesan membuat kode atau simbol sehingga pesannya
dapat dipahami oleh orang lain. Biasanya seorang manajer
menyampaikan pesan dalam bentuk kata-kata, gerakan anggota badan, (tangan,
kepala, mata dan bagian muka lainnya). Tujuan
penyampaian pesan adalah untuk mengajak, membujuk, mengubah sikap,
perilaku atau menunjukkan arah tertentu.
3.
Media/penghubung
Adalah alat
untuk penyampaian pesan seperti ; TV, radio surat kabar, papan pengumuman, telepon dan lainnya.
Pemilihan media ini dapat dipengaruhi oleh isi pesan yang akan disampaikan, jumlah penerima pesan,
situasi dsb.
4.
Mengartikan kode/isyarat
Setelah pesan diterima melalui indera (telinga, mata dan seterusnya)
maka si penerima pesan harus dapat mengartikan simbul/kode dari pesan tersebut, sehingga
dapat dimengerti /dipahaminya.
5.
Penerima pesan
Penerima pesan
adalah orang yang dapat memahami pesan
dari sipengirim meskipun dalam
bentuk code/isyarat tanpa mengurangi
arti pesan yang dimaksud oleh pengirim
6.
Balikan (feedback)
Balikan adalah
isyarat atau tanggapan yang berisi kesan
dari penerima pesan dalam bentuk verbal maupun nonverbal. Tanpa balikan seorang
pengirim pesan tidak akan tahu dampak pesannya terhadap sipenerima pesan Hal
ini penting bagi manajer atau pengirim
pesan untuk mengetahui apakah pesan sudah diterima dengan pemahaman yang benar
dan tepat. Balikan dapat disampaikan oleh penerima pesan atau orang lain yang
bukan penerima pesan. Balikan yang disampaikan oleh penerima pesan pada umumnya
merupakan balikan langsung yang
mengandung pemahaman atas pesan tersebut dan sekaligus merupakan apakah pesan
itu akan dilaksanakan atau tidak
Balikan yang
diberikan oleh orang lain didapat dari
pengamatan pemberi balikan terhadap
perilaku maupun ucapan penerima pesan. Pemberi balikan menggambarkan perilaku penerima pesan sebagai reaksi dari pesan
yang diterimanya. Balikan bermanfaat untuk memberikan informasi, saran
yang dapat menjadi bahan pertimbangan dan membantu untuk menumbuhkan kepercayaan serta keterbukaan diantara
komunikan, juga balikan dapat memperjelas persepsi.
7.
Gangguan
Gangguan bukan
merupakan bagian dari proses komunikasi
akan tetapi mempunyai pengaruh dalam
proses komunikasi, karena pada setiap situasi hampir selalu ada hal yang
mengganggu kita. Gangguan adalah hal
yang merintangi atau menghambat komunikasi
sehingga penerima salah menafsirkan pesan yang diterimanya.
Fasilitas dalam Internet yang dapat Digunakan untuk
Komunikasi
Internet atau interconnection-networking ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung
menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran
pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem
komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol
pertukaran paket (packet switching
communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakaninternetworking.Secara garis besar internet memiliki beberapa fasilitas. Dengan semakin berkembang
tenkologi dan fasilitas dalam internat fasilitas yang digunakan dalam internet
pun semakin beragam. fasilitas tersebut banyak digunakan oleh pengguna, guna
memenuhi kepentingannya. Di antara fasililitas tersebut adalah sebagai berikut
:
·
World
Wide Web (WWW)
World Wide Web (WWW) ini
anda dapat mengambil, memformat, dan menampilkan informasi (termasuk teks,
audio, grafik, dan video) dengan menggunakan hypertext links.
·
Electronic
Mail (E-Mail)
Fasilitas ini digunakan
untuk berkirim surat/berita dengan orang lain, tanpa mengenal batas, waktu,
ruang bahkan birokrasi. E-Mail merupakan salah satu contoh wahana pengakses
informasi superhighway. E-Mail merupakan wahana yang paling tua dan paling
populer sebagai pengakses informasi. E-Mail memungkinkan seorang individu
mengirimkan pesannya langsung ke individu lain dalam waktu yang cepat. Tetapi,
tidak tertutup kemungkinan E-mail digunakan untuk berkomunikasi pada orang
banyak, misalnya dengan
mengirimkan pesan pada sebuah kelompok alamat dan kelompok alamat ini mengirimkannya pada nomor-nomor E-Mail lain yang termasuk dalam mailing listnya.
mengirimkan pesan pada sebuah kelompok alamat dan kelompok alamat ini mengirimkannya pada nomor-nomor E-Mail lain yang termasuk dalam mailing listnya.
·
Mailing
List
Fasilitas ini digunakan
untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan e-mail.
Mailing list ini umumnya digunakan untuk bertukar informasi, pendapat, dan lain sebagainya dalam jarak jauh. Mailing list adalah sistem yang mengirim pesan-pesan untuk kelompok orang, bisa berupa berita, artikel, catatan, dan sebagainya. Seiring dengan terbentuknya berbagai kelompok, maka terdapat ribuan mailing list di seluruh dunia. Setiap mailing list memiliki seorang individu yang menjadi penanggung jawab. Bila seseorang ingin berlangganan sebuah mailing list, dia cukup menulis surat pada alamat mailing list tersebut.
Kemudian “moderator” mailing list tersebut akan memutuskan apakah permohonannya akan diterima atau tidak. Bagi mailing list yang tidak memiliki “moderator”, kondisinya akan lebih terbuka. Anggota mailing list tersebut mengirim dan menerima pesan dari semua individu.
Mailing list ini umumnya digunakan untuk bertukar informasi, pendapat, dan lain sebagainya dalam jarak jauh. Mailing list adalah sistem yang mengirim pesan-pesan untuk kelompok orang, bisa berupa berita, artikel, catatan, dan sebagainya. Seiring dengan terbentuknya berbagai kelompok, maka terdapat ribuan mailing list di seluruh dunia. Setiap mailing list memiliki seorang individu yang menjadi penanggung jawab. Bila seseorang ingin berlangganan sebuah mailing list, dia cukup menulis surat pada alamat mailing list tersebut.
Kemudian “moderator” mailing list tersebut akan memutuskan apakah permohonannya akan diterima atau tidak. Bagi mailing list yang tidak memiliki “moderator”, kondisinya akan lebih terbuka. Anggota mailing list tersebut mengirim dan menerima pesan dari semua individu.
·
Bulletin
Board System
Lebih populer dengan sebutan BBS. BBS adalah tempat
menyimpan pesan atau file yang sesuai dengan topik yang sudah ditentukan.
Terdapat ribuan BBS di seluruh dunia. Setiap BBS memiliki seorang
“administrator”. Untuk memanfaatkan BBS, seorang individu bisa menghubunginya
melalui Telnet dan memilih dari sistem menu.
·
Telnet
Fasilitas ini digunakan untuk masuk ke sistem
komputer tertentu dan bekerja pada sistem komputer yang lain.
·
Chatting
Fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasi secara
langsung dengan orang lain dalam internet. Pada umumnya fasilitas ini sering
digunakan untuk bercakapcakap atau ngobrol di internet.
0 komentar:
Posting Komentar